Manfaat Pemutaran Kembali Vidio Pembelajaran

                              MANFAAT PEMUTARAN KEMBALI VIDIO PEMBELAJARAN


Diary writing Canberra, 9-9-2017








Pada sesi materi menjadi guru reflektif  pelatihan di canberra penulis diberi kesempatan memutar vidio pengajaran yang pernah penulis lakukan disekolah, hal ini untuk mengetahui bagaimana menjadi guru reflektif.
Pernahkah terlintas didalam pikiran kita sebagai seorang guru bahwa proses pembelajaran yang kita lakukan akan berdampak pada siswa? Penulis tidak pernah berpikir bahwa apa yang kita lakukan dikelas harus direfleksikan kembali untuk perbaikan pembelajaran selanjutnya. oleh karena itu penulis mencoba menonton kembali vidio pembelajaran yang dilakukan didalam kelas untuk perbaikan pembelajaran selanjutnya. dan ternyata   penggunaan video dalam proses belajar mengajar sangat bermanfaat.Dengan menonton kembali video yang sudah kita rekam penulis dapat mengamati kelebihan dan kekurangan dalam mengajar. disamping itu banyak momen yang penting dalam proses pembelajaran yang tidak dapat diulang kembali. penulis dapat mengetahui siswa yang aktif dan tidak aktif ,yang tidak dapat dipantau pada saat penulis membimbing kelompok lain ,disamping itu juga penulis dapat melihat siswa yang sering angkat tangan, kemudian ada siswa yang sering angkat tangan tapi penulis tidak memberi kesempatan  menjawab, selain itu juga dengan memutar kembali vidio mengajar penulis dapat mengetahui siswa mana yang sudah memahami dan yang belum memahami dari apa yang sudah dijelaskan, dan juga dapat mengetahui siswa mana yang berani mengungkapkan apa yang sudah diketahui atau yang belum diketahu sehingga ketuntasan belajar dapat diketahui. penulis juga dapat merefleksi diri sendiri apakah materi yang dijelaskan sudah sesuai atau belum dengan tujuan pembelajaran hari ini dan juga sebagai perbaikan  diri untuk pembelajaran selanjutnya.
Dipelatihan yang kami ikuti diharapkan budaya angkat tangan jika ingin menjawab pertanyaan dari guru  ataupun ingin bertanya sehingga kelas tidak ribut. karena dengan mengangkat tangan guru dapat mengidentifikasi siswa mana yang mengerti dan yang belum mengerti.
Dr. Rahmah Johar melalui akun facebooknya menyatakan bahwa menonton ulang video pembelajaran memberikan kesempatan bagi guru untuk dapat melihat pembelajaran dengan sudut pandang yang luas karena guru tidak lagi focus untuk melaksanakan pembelajaran.Demikian juga Dr.Sitti Maesuri Patahuddin melalui akun facebooknya mengungkapkan bahwa untuk menjadi guru reflektif dapat dilakukan dengan cara pembelajaran yang lebih eksplisit dan kaya konten matematika, gunakan vidio pengajaran merekam diri saat mengajar lalu amati vidio tersebut dan identifikasi karena vidio pengajaran adalah sumber belajar yang sangat kaya.
oleh karena itu untuk perbaikan pengajaran guru dapat memanfaatkan vidio pembelajaran untuk merefleksi diri dalam perbaikan pembelajaran.

Komentar

Postingan populer dari blog ini