Selasa, 5 September 2023


Kegiatan Kelas Belajar Menulis Nusantara PGRI Gelombang ke 29 telah berakhir pada tanggal 2 September 2023 pukul 19.00 WIB melalui zoom meeting , namun bukan berarti belajar menulisnya berhenti sampai di sini. Justru awal dari tantangan yang harus di lalui. Pada saat penutupan  hadir   Bapak Catur Nurrochman Oktavian,M.Pd selaku wakil ketua Dewan Eksekutif APKS Pengurus Besar PGRI sekaligus menutup kegiatan KBMN PGRI gelombang ke 29. Dalam sambutannya beliau mengatakan " selama kita menjadi guru harus terus belajar, demikian juga menulis butuh proses teruslah menulis dalam wadah PGRI" Gerakan literasi tidak hanya dalam lingkup nasional tapi dalam lingkup internasional. Jangan berhenti sampai di sini teruslah berkarya dan berkarya, Menset kita harus berubah, tidak mungkin martabat guru berubah kalau kita tidak mau berubah. Diakhir sambutannya beliau menyampaikan terima kasih kepada Tim Solid Omjay (TSO) yang sudah sukses melaksanakan kegiatan KBMN hingga gelombang 29 semoga kegiatan ini sampai pada gelombang ke 100.



                                                    sumber gambar TSO NDY


Kemudian dilanjutkan sambutan ketua panitia ibu Helwiyah S.Pd.M.M beliau menyampaikan bahwa" peserta tidak boleh keluar dari grup KBMN PGRI karena banyak informasi yang didapatkan. Ada 700 peserta yang ada di dalam grup 44 nara sumber dan moderator namun yang mengumpulkan resume hanya sebagian dan hanya orang itu-itu saja sehingga mentor yang sudah siap tidak kebagian untuk dimentori, hubungi mentor agar resume yang sudah ada di blog bisa di terbit jadi buku solo.



                                           sumber gambar TSO NDY

Sebagai perwakilan moderator yaitu ibu Arofiah Afifi,S.Pd berbagi pengalaman dari tidak bisa menulis hingga menjadi Tim Solid OmJay, Sementara Ibu Kanjeng panggilan akrab dari Ibu Dra.Sri Sugiastuti ,M.Pd perwakilan nara sumber mengharapkan agar ilmu yang sudah diperoleh untuk ditindak lanjuti bisa membuat buku solo dan buku antalogi yang berkualitas. Sebagai sambutan terakhir yaitu Bapak Dr.Wijaya Kusumah,M.Pd yang lebih akrab di kenal OmJay pendiri Kelas Belajar Menulis Nusantara yang hingga saat ini sudah memasuki gelombang ke 29. Beliau mengharapkan jangan pernah berhenti menulis jadilah relawan  sebarkan KBMN ini di seluruh nusantara sehingga bisa menularkan kepada guru-guru dan juga kepada murid, dan terakhir ucapan terima kasih di sampaikan kepada panitia yang telah menyiapkan acara closing ceremony di tengah-tengah kesibukan. Syarat untuk lulus yang di jelaskan oleh Bapak Raimundus Brian Prasetyawan,S.Pd yaitu harus mengumpulkan  sebanyak 30 resume  di blog masing-masing dan membuat buku solo barulah bisa mendapatkan sertifikat 64 Jp. Setelah penjelasan dari pak Brian tentang syarat kelulusan KBMN PGRI gelombang ke 29 maka selaku pemandu acara ibu Emmi Suhaimi,S.Pd menutup acara dengan ucapan Alhamdulilla hirabbil alamiin.


Berikut link kegiatan closing ceremony KBMN PGRI 29 di bawah ini


https://www.youtube.com/watch?v=6r6cBJgY9XY






Konten ini telah tayang di Kompasiana.com dengan judul "Closing Ceremony KBMN PGRI Gelombang 29", Klik untuk baca:

https://www.kompasiana.com/emmisuhaimi1826/64f6e79c4addee53935562a2/closing-ceremony-kbmn-pgri-gelombang-29


Kreator: Emmi Suhaimi




Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.


Tulis opini Anda seputar isu terkini di Kompasiana.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini