PEMBELAJARAN DENGAN BLOG

Pertemuan ke             : 5

Gelombang                :29

Hari/Tanggal             : Rabu, 28 Juni 2023

Noderator                :  Helwiyah

Nara Sumber            : Dail Ma’ruf, M.Pd,

Tema                        :Blog Sebagai Media Pembelajaran



        Pelatihan malam hari ini sangat istimewa karena bertepatan dengan malam takbiran hari raya idul Adha 1444 Hijriah. Ibu Helwiyah, S.Pd M.M sebagai Moderator memulai pembicaraannya dengan memberi kata motivasi kepada seluruh peserta yang hadir pada malam hari ini sebagai berikut:

Bagi pemikir, buah fikirnya hanya akan bersemayam dalam fikiran jika tak diucapkan dan ditulis
Bagi pembicara, pembicaraannya hanya akan menguap lewat suara bila tak dituliskan
Bagi penulis ,tulisannya akan tersimpan dalam catatan jika tak dipublikasikan.
Bagi penulis media, tulisannya akan tertimpa materi tulisan lain jika tak dibukukan
Maka,.ucapkan dan tuliskan yang ada dalam fikiran.
Publikasikan dan bukukan apa yang sudah ditulis,agar banyak orang yang dapat membacanya.
Abadi dalam bentuk  kumpulan buah fikiran yang tertulis dan tersusun rapi dalam sebuah buku.

    Dari kata motivasi tersebut penulis jadi bersemangat untuk menyimak pembelajaran malam hari ini dengan nara sumber  bapak Dail Ma'ruf, M.Pd yang lahir di Serang 13 Mei 1977, beliau alumni KBMN gelombang ke 20 akan membawa materi "Blog sebagai media pembelajaran"

    Sebagai kata pembuka pak Dail menjelaskan bahwa kata blog berasal dari kata weblog yang pertama kali diperkenalkan oleh Jhon Barger pada tahun 1998. Barger memberi nama weblog untuk mengkhususkan istilah website yang bersifat pribadi atau personal yang sering diperbarui dari waktu ke waktu. Sehingga sekarang berkembang menjadi 12 jenis diantaranya, ada blog pendidikan, sastra, pribadi, bertopik, hukum , media, agama , bisnis, politik, kesehatan, perjalanan/ travel dan riset.

    Adapun manfaat blog dalam pendidikan adalah sebagai rumah belajar dan berbagi, meringan tugas guru dalam mengajar, dapat meningkatkan minat belajar para siswa, dapat diakses oleh siapapun, menjadi media silaturahmi.

    Untuk mempraktekkan blog sebagai media pembelajaran maka nara sumber meminta kepada peserta untuk memberi  tanggapan atas masalah yang diajukan di blognya. tanggapan yang terbaik akan diberikan hadiah buku dengan juri ibu  Helwiyah, S.Pd M.M .

Kemudian sesi selanjutnya adalah tanya jawab,Jika penasaran dengan pembelajaran menggunakan blog mari kita coba sehingga guru jadi bisa kreatif dan inovatif semua itu  disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik kita.


Komentar

Postingan populer dari blog ini