MERAIH PRESTASI LEWAT MENULIS



 

Resume ke             : 13
Gelombang            : 32 KBMN PGRI
Nara Sumber         : Rita Wati,M.KOM
Moderator             : Dyah Kusumaningrum,ST
Materi                   : Berkarya dan Berprestasi di kancah Nasional Lewat Menulis
Tanggal                 : 19 Februari 2025


Di kegiatan malam hari ini pada pertemuan ke 13 pada Kelas Belajar Menulis Nusantara kembali menyapa lewat maya, Blog Cikgurita jadi saksi bisu akan keberhasilan dari nara sumber kita yang bernama Rita Wati,M.KOM yang memiliki segudang prestasi baik nasional maupun internasional. Yang awalnya tidak Pede dengan tulisannya sendiri dan ternyata lewat tulisan membuatnya menjadi berprestasi. lewat kesempatan ini beliau berbagi cerita melalui ruang zoom meeting dan di dampingi oleh bunda Dyah Kusumaningrum,ST selaku moderator.

Menulis itu awalnya hanya sebagai hobi karena ada kompetisi kemudian coba ikut dan akhirnya menang. Oleh karena itu inilah beberapa manfaat dari menulis yang dirasakan oleh nara sumber antara lain :

Manfaat Menulis
  • Meredahkan stres
  • Memecahkan masalah dengan lebih baik
  • Menuangkan perasaan sesuai keinginan
  • Memperbaiki suasana hati
  • Meningkatkan daya ingat
  • Menginspirasi dan mempengaruhi
  • mendapat pengakuan dan penghargaa 
  •  Mempengaruhi pada karir dan reputasi penulis
   Apa yang sudah kita tulis tidak perlu mengharap orang lain untuk mengakuinya yang penting kita tulis hingga tulisan kita selesai. Jika kita ingin mendapat pengakuan maka berprestasilah dulu, oleh karena itu ikuti semua lomba yang ada, jamgan takut kalah berani mencoba berati sudah menang , pada saat anda menang maka segala karya yang nda miliki akan mendapat pengakuan bahkan penghasilan,karena nantinya akan sering di undang sebagai nara sumber. 
Adapun tips menulis dari nara sumber  antara lain


TIPS MENULIS
1. Menulislah topik yang di senangi
2. kuasai diri seniri
3. Tulis semua ide yang muncul
     saat menulis jangan pernah berhenti sebelum tulisan itu selesai
4. Buat judul yang menarik
5. Fokus pada topik pembahasan
6. Perbanyak baca buku sejenis
7. Sering-sering berlatih
8. Pilih diksi yang tepat
9. Sisipi dengan perumpamaan
10. Melakukan riset
11.Ekspresi dan emosi di dalam tulisan


Menulis bukan hanya sekedar merangkai kata, tetapi juga membuka pintu menuju prestasi. Dengan setiap paragraf disusun mengembangkan kreativitas dan memperluas wawasan hingga, namun semua itu tidak semuadah membalik telapak tangan, karena semuanya untuk menuju prestasi butuh ketekunan dan latihan yang konsisten seh,ingga karya yang dihasilkan berkualitas, membuka peluang diakui di tingkat nasional bahkan di tingat internasional.

Ada 5 Tips berprestasi
1. Mencari informasi lomba yang berkaitan dengan menulis, lomba blog, menulis artikel, essay, cerpen
2. Baca dan termati ketentuan lomba
3. Cari ide dengan reseach
4. Cari lomba yang pesertanya sedikit
5. Berdoa dan terus berusaha/ tidak muah putus asa

Ada 5 tips go Internasional
1. Daftar beasiswa microcdential/Beasiswa belajar bersama kampus luar negeri
2. Cari informasi dan lengkap persyaratan, persiapan TOEFL
3, tulis essay dengan persyaratan utama dalam bahasa inggris
4. Persiapkan diri pelajari beasiswa yang kita daftar dan persiapan dari pada seleksi wawancara
5. Berdoa dan terus berusaha/ tidak muah putus asa

  

Tidak ada yang mustahil bagi mereka yang berani bermimpi dan berusaha. Menulis bukan sekadar aktivitas, tetapi jembatan menuju prestasi dan perubahan. Setiap kata yang ditorehkan adalah langkah menuju pengakuan, setiap gagasan yang dituangkan adalah bukti bahwa tulisan memiliki kekuatan. Dengan ketekunan dan keyakinan, menulis dapat membawa seseorang meraih pencapaian luar biasa. Sebab, selama ada kemauan untuk belajar dan berkembang, tidak ada batasan yang tidak bisa dilewati.

Demikian resume untuk pertemuan kali ini.


EMMI SUHAIMI

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

2 komentar: