PEMANFAATAN BUKU DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN




 Pertemuan ke             : 16
Gelombang ke             : 32
Nara Sumber               : Nur Dwi Yanti,M.Pd
Moderator                    : Raliyanti
Materi                          : Pemanfaatan buku digital dalam pembelajaran
Tanggal                        : Rabu, 26 Februari 2025


Zaman telah berubah tidak seperti tempo dulu dimana sumber belajar sangat sulit di dapatkan, oleh karena itu didiklah anakmu sesuai zamannya. dan setiap zaman ada masanya serta memiliki keunikannya sendiri. Saat ini semuanya serba digital tidak luput dari buku. Teknologi memudahkan akses informasi sehingga buku digital menjadi salah satu sumber untuk belajar. Malam ini peserta Kelas Belajar Menulis Nusantara gelombang ke 32 di suguhkan materi " Pemanfaatan buku digital dalam pembelajaran " yang disampaikan oleh bunda Nur Dwi Yanti,M.Pd dan di dampingi oleh bunda Raliyanti sebagai moderator.

Nara sumber yang memiliki segudang pengalaman dalam menulis dan memiliki prestasi dalam menulis karya ilmiah serta sebagai guru berprestasi beliau juga pernah meraih juara dalam lomba blog dan masih banyak prestasi lainnya yang sudah di raih.

Buku digital menjadi representasi kemajuan fitur interaktif dan kepraktisannya sangat mendukung literasi sehingga buku digital semakin optimal dalam menyebarkan pengetahuan global sehingga budaya membaca dapat terlihat jelas di dalam pembelajaran. 

 


tampilan diatas merupakan salah satu aplikasi digital dari Prancis yang didirikan tahun 2000 oleh Thierry Brethes dan Nathalie Ting. Beliau mengembangkan perangkat lunak dan format Mobipocket untuk memudahkan penerbitan dan pembacaan ebook di perangkat seluler seperti PDA dan smartphone.Mobipocket pada era 2000-2005 sangat populer dan banyak digunakan pada perangkat pembaca buku elektronik (e-reader). Namun dengan perkembangan teknologi, kini popularitasnya menurun dengan kemunculan format EPUB dan dominasi Amazon Kindle.

Perkembangan teknologi mengubah kita untuk untuk mengakses informasi dengan cepat dan efesien, oleh karena itu tidak luput dari perangkat pembelajaran yang akan kita gunakan di sekolah. Salah satunya adalah buku digital atau e-book.

Dalam dunia pendidikan, buku digital menawarkan berbagai manfaat yang signifikan bagi siswa, guru, dan institusi Pendidikan.







Ada beberapa keunggulan buku digital untuk pembelajaran lebih efektif

-  Praktis dan mudah di bawa

Ringkas: Buku digital tidak memerlukan ruang fisik yang besar. Anda dapat membawa ratusan bahkan ribuan buku dalam satu perangkat kecil seperti tablet atau smartphone.

 Hemat Ruang: Tidak perlu lagi rak buku yang besar. Semua buku tersimpan rapi dalam perangkat digital.

- Interaktif:
Buku digital sering dilengkapi dengan fitur multimedia seperti video, audio, dan animasi yang membuat pembelajaran lebih menarik dan interaktif.

Adanya fitur pencarian memudahkan menemukan informasi yang dibutuhkan dengan cepat.

Kita dapat membuat catatan, menandai halaman penting, dan mencari kata atau frasa tertentu dengan mudah.

Bahkan ada beberapa buku digital dilengkapi dengan kamus terintegrasi yang memudahkan kita mencari arti kata yang tidak diketahui.

- Lebih Murah
Buku digital biasanya lebih murah daripada buku cetak karena biaya produksi dan distribusi yang lebih rendah.
Bahkan ada banyak buku digital gratis yang tersedia dan dapat di kases melalui internet atau perpustakaan digital.


- Ramah Lingkungan
Penggunaan buku digital membantu mengurangi penggunaan kertas, sehingga lebih ramah lingkungan.

- Dapat diperbaharui
Kita dapat menyesuaikan tampilan, isi sesuai dengan preferensi kita


- Lebih mudah di akses
Buku digital dapat diakses dan diunduh dari berbagai sumber online dengan mudah.




Berikut adalah jenis buku digital

1.  tentukan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Apakah untuk memahami konsep baru, memperdalam pengetahuan, atau sekadar mencari informasi tambahan?

2.  sesuaikan buku digitalmdengan tujuan pembelajaran, minat, dan tingkat pemahaman audience (peserta didik)

3. pilih format buku digital yang sesuai dengan perangkat yang akan/dapat diakses oleh peserta didik atau pendidik.

dari tujuan pembelajaran, maka kita dapat melakukan beragam kegiatan kepada peserta didik dengan memanfaatkan buku digital. Bahkan kita dapat mengajak partisipasi peserta didik dalam merancang dan membuat buku digital.

ini salah satu contoh kegiatan yang mengajak siswa untuk mengembangkan kemampuan literasi


Ajak peserta didik untuk mengembangkan ide gagasan, baik berupa tulisan atau gambar.
Sesuaikan dg tingkat kemampuan dan sarana yang ada.
Jika sekolah memiliki perangkat multimedia, maka peserta didik dapat memanfaatkan aplikasi gambar atau voice record sebagai fitur tambahan. Jika memliki keterbatasan maka dapat memanfaatkan buku gambar, kertas dan media lain yang kemudian dapat kita dokumentasikan serta disusun menjadi rancangan buku digital.

Berikut beberapa contoh buku digital yang dapat kita buat 

https://heyzine.com/flip-book/1aa0a0e22b.html

https://heyzine.com/flip-book/ad5d151abc.html

https://ndy-art.github.io/KELS5/ 




Berikut adalah buku digital yang dapat diakses gratis, sebagai bahan referensi atau untuk memperoleh informasi dalam proses pembelajaran. Meskipun buku digital menawarkan banyak kemudahan dan keunggulan dalam pembelajaran, peran guru tetap tidak tergantikan.

 Elemen-Elemen yang Harus Dimasukkan dalam Buku Cerita Digital Agar Menarik dan Interaktif

Buat alur cerita yang menarik, penuh kejutan, dan membuat pembaca penasaran. Gunakan teknik penceritaan yang efektif untuk menjaga minat pembaca.

Ciptakan karakter yang kuat dan relatable dengan pembaca. Berikan karakter latar belakang, motivasi, dan konflik yang jelas.

Gunakan ilustrasi, gambar, atau animasi yang menarik dan relevan dengan cerita. Visual yang menarik akan membuat buku digital Anda lebih hidup dan interaktif.

Tambahkan efek suara, musik latar, atau narasi audio untuk meningkatkan pengalaman membaca. Audio dapat membantu menciptakan suasana dan memperkuat emosi dalam cerita.

Sertakan elemen interaktif seperti kuis, permainan, atau pilihan ganda yang memungkinkan pembaca berpartisipasi dalam cerita. Elemen interaktif akan membuat pembaca merasa terlibat dan meningkatkan pemahaman mereka.

Tambahkan animasi atau video pendek untuk menghidupkan adegan-adegan penting dalam cerita. Animasi dan video dapat membuat cerita lebih dinamis dan menarik.

Pastikan buku digital memiliki navigasi yang mudah digunakan. Pembaca harus dapat berpindah antar halaman atau bab dengan mudah,

Gunakan desain tata letak yang menarik dan mudah dibaca. Pilih font yang sesuai dengan tema cerita dan gunakan warna yang menarik perhatian.

Gunakan bahasa yang sesuai dengan target pembaca. Sesuaikan gaya bahasa dengan genre dan tema cerita.

Sertakan pesan moral atau nilai-nilai positif dalam cerita. Pesan moral akan membuat cerita lebih bermakna dan memberikan dampak positif bagi pembaca.


ramedia Digital: https://ebooks.gramedia.com/id/buku/seri-ensiklopedia-untuk-anak-indonesia-indahnya-pulau-nusa-tenggara 



Kesimpulan Perkembangan teknologi membuat kita untuk mengikutinya, pemanfaatan buku digital membuka cakrawala baru dalam pembelajaran. Buku digital tidak hanya memudahkan penyebaran pengetahuan tetapi juga mendorong metode pembelajaran yang kreatif namun demikian peran guru dalam pembelajaran tak dapat tergantikan 

EMMI SUHAIMI

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar