Mengembangkan Diri Melalui Melintas id,

Pertemuan ke : 6

Gelombang     : 29

Hari/Tanggal    : Jum'at 30 Juni 2023

Moderator        : Arofiah Afifi,S.Pd

Nara Sumber        : Raimundus Brian Prasetyawan,S.Pd

Materi                     : Teknik Menulis di situs portal berita melintas.id


            

  Mengutip kata  Napoleon Bonaparte "Aku lebih takut kepada tiga  penulis yang bersenjata pena daripada, ribuan prajurit  yang bersenjata bayonet lengkap, itulah kata pembuka yang disampaikan oleh moderator  ibu Arofiah Afifi,S.Pd pada pertemuan ke 6 Ini menggambarkan bahwa tulisan lebih berpengaruh dan berbahaya daripada senjata.

    Malam ini kita di isi oleh nara sumber Bapak Raimundus Brian Prasetyawan, S.Pd  yang lahir di Jakarta 30 Juni 1992 selamat ulang tahun ya pak semoga ke depan semakin sukses beliau adalah  Seorang guru yang juga sebagai Pimpinan redaksi portal berita melintas.id, dengan materi Teknik Menulis di situs portal berita melintas.id tema ini perdana di pelatihan KBMN. Jadi beruntunglah Bapak Ibu peserta gelombang 29 karena mendapat materi yang baru.

      Melintas id yang baru berusia satu bulan merupakan situs portal berita sehingga memiliki ciri khas/gaya tulisan tersendiri yang berbeda dengan tulisan blog, buku, karya ilmiah, atau jenis tulisan lainnya, Melintas id didirikan pada tanggal 11 Mei 2023. Melintas merupakan akronim dari Media Literasi Nusantara Semaja  yang bertujuan  untuk memberikan nilai tambah bagi anggota KBMN PGRI. Nilai tambah yang dimaksud bukan saja dari segi penghasilan, tapi lebih dari itu, yaitu memberi wadah pengembangan diri dalam hal menulis untuk peserta maupun alumni KBMN PGRI. Untuk saat ini jangan harap dulu imbalan yang penting ada wadah tempat untuk mengembangkan diri dalam hal menulis namun ke depan pastilah akan mendapatkan honor yang sesuai ungkap pak Brian.

   Walaupun  masih tergolong muda Melintas id memiliki 10 menu rublik tapi tidak termasuk infotaiment ya. karena hanya berhubungan dengan pendidikan. Ke 10 menu rubrik tersebut diantaranya : Pendidikan (berita pendidikan umum), Sastra (cerpen, puisi, pentigraf, dll), Parenting, News, Religi, Sekolah (berita kegiatan/prestasi sekolah) , Literasi (hal-hal tentang menulis, resensi buku, kegiatan literasi di sekolah/komunitas, seputar KBMN PGRI), Ragam: (kuliner, travelling, kesehatan, budaya), Olahraga,  Opini.

    Untuk menjadi penulis di Melintas id, harus memenuhi kreteria Jika sebagai penulis lepas cukup mengirim berita lewat email, tidak perlu masuk grup WA, serta tidak ada target jumlah tulisan. sedangkan sebagai penulis tetap harus memenuhi target jumlah tulisan tergantung dari jenjang penulis tetap. ada 3 jenjang sebagai penulis tetap di Melintas id.

1. Calon Content Creator (CC)

    Penulis tetap yang baru , akan bergabung di grup dan namanya menunpang dulu dengan nama editor target menulis dalam satu bulan 15 tulisan jika memenuhi akan naik jejang menjadi Content Creator ( CC ) jika tidak memenuhi akan dikeluarkan dari grup

 2.  Content creator (contributor)

    Jika sudah memenuhi syarat 15 tulisan, akan masuk di grup baru yaitu Author dan CC melintas id namun masih menumpang dengan nama editor,  agar bisa punya profil nama sendiri di melintas id, harus jadi author. Syarat jadi author adalah menulis minimal 15 tulisan.

3.   Author

    Jika sudah mencapai jenjang author, berarti sudah menjadi penulis seutuhnya di melintas.id dan memiliki profil nama sendiri, tidak lagi menumpang nama editor. Nama kita tercatat dalam database CMS melintas.id. Namun tentu ada tanggung jawabnya yaitu harus menulis minimal 20 tulisan setiap bulan. Jika tidak memenuhi, akan diturunkan Kembali jadi contributor. 

    Teknik dalam menulis di Melintas id, tidak sama seperti kita menulis di blog karena tidak memiliki akun akses langsung yang berhak memiliki akun akses hanyalah editor dan tim redaksi oleh karena itu untuk menulis di melintas id kirim naskah melalui google form yang sudah di ketik di word, panjang tulisan minimal 350 kata  dan maksimal 800 kata  kecuali puisi yang minimal 4 bait ( setiap bait terdiri dari 4 baris )..Jadi menulis di melintas.id tidak langsung tayang tulisannya, karena harus ditangani oleh editor dahulu. Maka waktu tunggu tayang tulisannya akan lama bisa berjam-jam bahkan berhari-hari. 

      Ayo Bapak Ibu peserta KBMN gelombang 29 mau jadi penulis lepas atau penulis tetap dengan menerima tantang menulis 15 berita dalam satu bulan. Kini kita sudah punya wadah untuk menulis dengan niatkan diri bahwa suatu hari kita bisa menulis di melintas id.


        



Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini