CARA MENYUSUN BUKU

Resume ke         :15

Gelombang        : 29

Hari /Tanggal        : 28 Juli 2023

Moderator              : Purbaniasita Kusumaning Sedyo, S.Pd

Nara Sumber            :Yulius Roma Patandean,S.Pd

Materi                        :  LANGKAH MENYUSUN BUKU SECARA SISTEMATIS



        

        Sesuai dengan materi  kita malam hari ini yaitu " Langkah menyusun buku secara sistematis"  Terkadang kita lahap membaca karena kajian materi, bahasanya sistematis.tentu semua itu ada triknya .Ibu Sita menemani kami malam ini  mendampingi bapak Yulius Roma Patandean S.Pd,M.Pd untuk mengupas habis rasa penasaran kami cara menyusun buku. 

        Nara sumber yang luar biasa berasal dari tana toraja Provinsi Sulawesi Selatan. beliau mempunyai banyak prestasi diantaranya adalah pemenang ketiga lomba kreatifitas guru tingkat SMA  pada Porseni PGRI  prov. Sulawesi Selatan tahun 2017  .Guru berprestasi jenjang SMA prov. Sulawesi Selatan tahun 2021   .Peraih 2 medali emas dan 3 medali perunggu Gurulympic tahun 2020  Dan masih banyak prestasi lain yang beliau dapatkan. Supaya lebih jelas, berikut profil beliau

     Naskah buku yang tertata/tersusun dengan baik memudahkan penulis untuk menambahkan, mengurangi, dan merombak naskah jika dianggap tidak sesuai dengan tema yang diangkat..  Terdapat sejumlah aplikasi/software yang bisa digunakan untuk membuat naskah buku tersusun secara sistematis. 

Diantaranya menggunakan Mandeley dan Zotero. Saya menggunakan fitur-fitur Ms Word untuk menyusun naskah buku yang sistematis dan rapi. Teman-teman bisa langsung mempraktekkannya. Tanpa jaringan internet/offline.

        Cara membuat daftar isi dapat di lihat di link youtube berikut ini 

https://youtu.be/eePQwyHAcjw

cara membuat judul subjudul dapat dilihat di link berikut ini  Atau lewat tautan ini https://youtu.be/jXPr59aWJSc

.  cara membuat indek pada tulisan dapat di lihat  di link berikut ini . https://youtu.be/mS8bfNZT-rA.

Seringlah menengok naskah teman-teman, baca dan lakukan perubahan pada naskah jika dibutuhkan.

Naskah buku  yang tersusun dengan baik tentunya memudahkan pula tim editor di percetakan untuk menerbitkan naskah buku kita, walaupun sudah ada tim editor, ada baiknya kita belajar pula menjadi editor naskah sendiri. Banyak hal yang bisa dipelajari.

Untuk lebih menambah ilmu kita dalam menyusun buku secara sistematis sebaiknya dibuka link yang sudah di bagikan agar lebih jelas dan dapat dipraktekkan secara langsung. Karena tontonan youtube tersebut dapat membantu kita dalam menyusun buku secara sistematis yang sedang kita tulis, sehingga penbaca tidak bosan dan dapat memahami apa yang menjadi pesan dari buku yang kita tulis.

Terima kasih pak nara sumber atas ilmunya malam ini,

        

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini