Pertemuan ke 8
Hari Tanggal, Rabu, 13 Juli 2023
Gelombang ke 29
Moderator         :Dail Ma'ruf,M.Pd
Nara Sumber    : Drs, Dedi Dwitagama,M.Si
Materi              : Komitmen Menulis di Blog





    Jangan biarkan blog anda penuh sarang laba-laba. Itulah kata pembuka yang disampaikan oleh  Bapak Dail Ma'ruf selaku moderator malam hari ini di kelas Belajar menulis nusantara pada pertemuan ke 8 ini yang di pandu oleh Bapak Drs. Dedi Dwitagama,M.Si blogger kelas dunia dengan materi Komitmen menulis di blog.

    Nara sumber malam ini lain dari biasanya karena kami dikasih kesempatan untuk mengirim pesan biasanya hanya admin yang dapat mengirim pesan, Sehingga kami  peserta bebas mengajukan pertanyaan seputar materi yang di sampaikan sehingga grup menjadi ramai seperti kelas lagi gado yang tidak bisa di kontrol oleh guru karena masing-masing peserta sibuk dengan pertanyaannya sendiri-sendiri.

    Pertama kali pak dedi membuat blog pada tahun 2005 atas info dari adiknya  yang masih kuliah di Jogja mengatakan  tren baru di Amerika tentang penggunaan blog, suka dukanya dalam ngeblog tentu ada.  Blog itu seperti kita punya rumah digital yang bisa kita isi apa saja dan orang lain bisa baca komentar. 

    Cara kita mendapatkan banyak view dengan sering berkunjung ke blog teman dan memberi komentar maka teman kitapun akan datang ke blog kita atau bisa juga dengan menuliskan judul yang menarik.

    Cara mengelola semangat dalam menulis, tulis saja sesuatu yang sedang kita pikirkan entah itu saat sedang menunggu atau sedang duduk. Punya blog tapi tidak pernah di isi sama halnya dengan kita punya rumah yang kosong, oleh karena itu dalam mengisi blog boleh campur-campur tergantung selera

    Blog yang kita buat dapat di jadikan media pembelajaran dengan cara mensingronkan materi dengan blog, bisa kita meminta anak-anak untuk mengunjungi blog kita dan meninggalkan komentar sebagai tanda bahwa dia hadir. 

    kiat untuk terus komitmen dalam menulis kita harus mencari gara-gara agar komitmen itu muncul mungkin dari youtube atau dari menulis buku pelajaran atau apa saja yang membuat kita untuk berkomitmen , jika bertahun-tahun kita tidak menemukan komitmen tersebut berarti pesion kita tidak di blog.



Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini