MENULIS BUKU CERITA DIGITAL


Resume  ke            : 16

Gelombang            : 29

Hari/Tanggal          : Senin, 31 Juli 2023

Moderator              :Raliyanti

Nara Sumber          : Nur Dwi Yanti,M.Pd

Materi                    : Menulis Buku Cerita Degital 



    Dewasa  ini siapa yang tak kenal dengan dunia digital. Tua, muda, semua akrab dan tak bisa lepas dari digital. E-book atau Buku Digital, menjawab tantangan era sekarang. Anda mungkin salah satu peminat buku digital ini. Bagaimana menjadikan kita dari peminat buku digital menjadi penulis dan kreator buku digital?  Kelas malam ini hadir untuk menjawab tantangan saat ini. Bersama pakar IT, yang akan menjawab segala tanya kita tentang Menulis Buku Cerita  digital. 

    Aku hadir  di penghujung Juli ini pada kegiatan Kelas Belajar Menulis Nusantara  saat ini memasuki  pertemuan ke 16  digelar melalui zoom meeting. Duhai senangnya bertatap muka dengan teman-teman senusantara walaupun lewat  layar laptop,  ibu Raliyanti dengan senyum yang ramah selaku moderator menyapa kami dan mempersilakan ibu Nur Dwi Yanti, M.Pd  nara sumber kami malam ini. Beliau lahir di  Bandung, 30 Mei 1974 memiliki segudang prestasi diantaranya juara 1 Karya Tulis Ilmiah guru SD tingkat Kota Tengerang Selatan  berturut - turut tahun 2016 dan 2017, juara 2 guru berprestasi Tingkat Kota Tangerang Selatan 2019.

    Ebook adalah singkatan dari Elektronik Book.atau buku elektronik sebuah buku dalam versi digital sebenarnya Ebook sama seperti buku biasa hanya tidak lagi menggunakan lembaran-lembaran kertas untuk menyusun menjadi sebuah buku yang utuh namun disusun menggunakan teks atau gambar yang berupa digital.

    Ebook berfungsi seperti buku lainnya, dimana fungsi utamanya adalah sebagai media pembelajaran (untuk mencari ilmu dari ebook atau berbagi ilmu ke ebook). Kita bisa mendapatkan banyak sekali ilmu-ilmu dari ebook yang telah dibuat oleh banyak orang . Ebook tersebut bahkan ada yang dibagikan secara gratis dengan berbagai jenis ebook, kita juga bisa berbagi tentang ilmu melalui ebook . Misalnya kita memiliki keahlian tentang cara menulis artikel. Nah kita bisa membuat ebook tentang tutorial menulis artikel dan menjualnya atau membagikannya secara gratis di internet.

Aplikasi yang digunakan untuk membuat Ebook antara lain :
    
  • PDF
PDF menjadi format ebook paling umum karena pembuatannya sangat sederhana dengan menggunakan word kemudian dikonversikan menjadi PDF
  • Googel Doc
Ebook dapat dibuat melalui google Dok secara gratis dan mudah di simpan file dalam bentuk ePUB namun hanya bisa dilakukan secara online serta mudah mendapat masukan dari pembaca.

  • Mobipocket
Mobipocket awalnya hanya digunakan untuk e-reader namun saat ini aplikasi mobi populer digunakan di e-book karena secara visual formatnya sangat menarik terutama mengubah maupun mengalokasikan halamannya.
  • ePUBee
Membuat ebook gratis yang langsung terhubung dengan microsoft Award dengan tampilan sederhana dan efektif,  menjadi solusi yang mudah apablia telah selesai di MS Word maka dapat dikonversi menjadi PDF dan ePUBee dengan klik opsi ePUBee maker.


 

Kelebihan E Book
  • Sangat mudah mendapatkannya
Lebih mudah didapakkan dibandingkan buku biasa. dalam waktu yang tidak terlalu lama kita dapat memperoleh apa yang kita inginkan dan dapat didonlowd dengan gratis
  • Mudah dibuat tanpa banyak biaya
Kita membuatnya sangat mudah karena mengunakan aplikasi dapat dibuat dimana saja dan kapan saja asalkan ada media seperti laptop , HP atau lain-lain yang penting terkoneksi dengan internet.
  • Mudah disimpan dan dibawa kemana-mana tanpa kesulitan
ukuran ebook yang kecil , memberi kelebihan tersendiri bagi penggunanya. kita tidak perlu lagi membuat ruangan khusus untuk menyimpan. Karena ebook dapat disimpan didalam berbagai media

  • Mudah dalam perawatan
Ebook tidak perlu khawatir dimakan rayap, tidak takut basah dan tidak perlu dibersihkan dan tidak perlu taku sobek karena berbentuk digital.


Sementara kelemahannya adalah kemungkinan ebook kena virus dan tidak ada backup dan didapat secara ilegal, jika tidak membayar maka banyak iklan saat membaca sehingga kurang nyaman saat membaca.

Demikian pelajaran dipenghujung bulan Juli 2023

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini