MENULIS BIOGRAFI

Resume                  : 23

Gelombang            : 29

Hari Tanggal         : Jum'at, 18 Agustus 2023

Moderator             : Gina Dwi Septiani,S.Pd,M.Pd

Nara Sumber        : Lely Suryani,S.Pd,SD

Materi                   : Menulis Biografi




Malam ini kembali di Kelas Belajar Menulis Nusantara PGRI Gelombang 29, Dengan tema Menulis Biografi Moderator Gina Dwi Septiani,S.Pd,M.Pd Sebagai nara Sumber Ibu Lely Suryani,S.Pd.SD yang lahir tanggal  25 Juli 1972 di Banjarnegara Mengajar di SDN 1 Gumelem Kulon Kecamatan Susukan Kabupaten Banjarnegara Provinsi Jawa Tengah. Beliau Alumni KBMN PGRI gelombang ke 23 dan telah lulus guru penggerak angkatan ke 5 serta sebagai editor di Melintas.id.

Adapun buku yang sudah ditulis, diantaranya buku biografi yang berjudul 50 Tahun Lebih Dekat dengan Omjay ( Biografi Omjay), Outobiografi ibu Lely Suryani yang berjudul Perjalanan Menembus Langit Cinta dan Cita,  Juga menjadi editor pada buku Kisah Omjay 50 Tahun Menjadi Manusia (Kumpulan karya-karya terbaik Omjay) 

Sebelum masuk ke materi nara sumber memberikan kami Game untuk memahami materi yang akan di jelaskan.Melalui game itu kami akan menemukan pengertian dari Biografi.

Biografi adalah riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain. sedangkan Autobiografi adalah riwayat hidup sesorang yang ditulis oleh dirinya sendiri. Adapun kreteria dalam menulis biografi tergantung dari lingkungan yang menyebutnya.

Selain itu ada kemampuan keberhasilan-keberhasilan seseorang pada bidang tertentu  yang bisa menjadi motivasi, inspirasi banyak orang. tentunya penulisan pada biografi ini adalah tokoh nyata.

Apa yang membedakan antara biografi dan Bionarasi. Bionarasi adalah sebuah kata yang dibentuk dari gabungan dua kata: Biodata dan Narasi. Dalam KBBI, biodata berarti riwayat hidup singkat, sedangkan narasi berarti kisah atau cerita. Artinya, bionarasi adalah sebuah biodata atau riwayat hidup seseorang yang kemudian dijadikan sebuah tulisan dalam bentuk narasi.

Dalam menulis biografi tentu ada kendalanya yang walaupun presentasinya kecil, karena setiap kegaiatan pasti ada kendalanya.Yang perlu diperhatikan, kendalanya dari sisi mana?Kemudian hal yang dianggap kendala kemudian segera mencari solusinya.
.
Pada penulisan biografi ada salah satu cirinya yaitu Dari segi isi tulisan, karena kisah nyata perjalanan seseorang, maka tulisan dimulai dari perjalanan semasa kecil, masa dewasa, kisah asmara dan pencapaian atau keberhasilan yang bisa memotivasi dan menginspirasi orang lain/ pembaca. Disamping itu ada juga biografi riwayat singkat yang ditulis secara singkat pada pamflet atau brosur jadi tidak berupa buku  ceritanya tidak dimulai dari masa kecil.

Bagus atau tidaknya dari sebuah tulisan biografi tergantung pembaca. Jika apa yan di baca oleh pembaca termotivasi, terinspirasi dan membawa perubahan pada dirinya, serta ada keinginan untuk maju seperti dalam biografi yang sudah di bacanya maka itulah suatu keberhasilan.

Sebagai akhir dari pertemuan ini nara sumber berpesan  "Menulislah dengan hati agar hasilnya berarti"








Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini