CERITAKU HARI INI

Minggu, 20 Agustus 2023

Tulislah Apa yang kamu pikirkan jangan pikirkan apa yang kamu tulis



Hari ini aku berdua dengan si bungsu di rumah sementara si sulung bersama bapaknya pergi ke rumah neneknya yang berada di kecamatan Alas Barat. Sebelum berangkat Avan berpesan kepada adiknya "nanti malam ibu ada meeting,kalau sinyalnya bermasalah adik harus segera perbaiki ya?" sambil mengajari adiknya cara hostpot seluler yang ada di HP. Memang Avan sudah tahu kalau malam minggu ibu ada zoom meeting di kegiatan Kelas Belajar Menulis Nusantara PGRI gelombang ke 29 biasanya kalau sinyal lelet aku minta bantuan sama dia, karena sejak mengikuti KBMN selang semalam kami mengadakan pertemuan baik melalui zoom meeting maupun melalui WhatsApp.

Aku hanya diam dan berkata dalam hati lelaki banget anakku, rasa tanggungjawabnya sebagai laki-laki tercermin  seperti yang sering aku dengar dari ceramah Dr.Aisyah Dahlan bahwa anak laki-laki akan siap siaga menjaga ibunya sedangkan bapak akan menjaga anak perempuannya.  Otak laki-laki berbeda dengan otak perempuan. yang perlu di ingat dari kecil sampai berumur 18 tahun otak kanannya yang berkembang duluan, otak kanan itu otak santai, rilek, bermain sedangkan otak kiri : otak analisa, memikirkan , otak menghitung. 

Sedangkan perempuan otak kiri dan kanannya berkembang secara bersamaan. sedangkan otak kiri laki baru seimbang setelah berusia diatas 18 tahun atau setelah kuliah jadi yang punya anak laki-laki harus bersabar dulu hingga anaknya sampai mahasiswa. sedangkan otak kanannya perempuan akan kalah dengan otak kanannya laki-laki.

Kenapa  otak kanannya laki yang dulu berkembang karena laki-laki adalah makhluk yang harus kreatif,harus memiliki ide yang banyak, hikmah juga di otak kanan jadi anak laki-laki tahu ibunya sedih tapi dia tidak perlu tahu kenapa  sedih. laki-laki cepat konsentrasi kalau dia mengerjakan pekerjaan di depannya setelah 10 menit, saat laki-laki fokus maka pendengarannya menurun.Dari ceramh beliau aku banyak belajar karena  kedua anakku laki-laki jadi harus tahu apa dan bagaimana watak mereka. 

Aku lanjut lagi keceritaku karena hari ini kakaknya tidak ada jadi adik Nizam dapat tugas dari ibu mencuci sepatunya sendiri kemudian tanpa di perintah ambil alat pel untuk membersihkan dapur, Aku pikir Nizam lagi cuci piring ternyata lantai sudah penuh dengan busa bukannya di pel seperti layaknya kita mengepel namun lantai di siram dan penuh dengan genangan air, Alhamdulillah lelaki banget anakku,"ucapku dalam hati". Oh ya Nizam berumur 8 tahun saat ini duduk di bangku kelas 3  sedangkan Avan berumur 13 tahun kelas VIII.

Melihat dapur berantankan dengan genangan air yang penuh dengan busa akhirnya akupun ikut membersihkan. Setelah itu barulah aku menjemur sepatu yang sudah di cucinya serta pakaian lainnya yang baru saja selesai aku cuci.Biasanya aku dan Nizam kalau hari minggu berenang di laut yang tidak terlalu jauh dari rumah hanya membutuhkan waktu 5-7 menit dengan menggunakan sepeda motor. Namun hari ini kami memilih diam di rumah sambil bersih  rumah karena sejak masuk bulan Agustus aku jarang di rumah berhubung banyak kegiatan dalam rangka memeriahkan HUT RI yang ke 78.

Sambil menunggu Avan dan bapaknya pulang aku coba menulis apa yang ada dipikiranku. Aku selalu mengatakan pada diriku menulislah setiap hari apa yang aku pikirkan dan jangan pikirkan apa yang aku tulis karena jika aku pikirkan maka tulisanku tidak jadi-jadi. Detik ini adalah masa lalu untuk masa yang akan datang, karena jika kita abadikan dalam tulisan maka akan terkenang hingga kita telah tiada. Tak lama kemudian klakson sepeda motor berbunyi, sambil berlari Nizam menyambut kedatangan kakak dan bapaknya, akupun sejak mengakhiri tulisanku. Semoga apa yang aku tuliskan ini bermanfaat.


Komentar

Postingan populer dari blog ini