MEMAKNAI ARTI MERDEKA 


Resume                : 23

Gelombang            : 29

Hari/Tanggal        : Rabu, 16 Agustus 2023

Moderator            : Yandri Novita Sari, S.Pd

Nara Sumber        : Dr,Wijaya Kusumah

Memaknai Merdeka Dalam Menyambut HUT RI ke - 78


Tak ada rotan akarpun jadi, begitulah yang terjadi pada pertemuan kali ini di KBMN berhubung nara sumbernya lagi sibuk sehingga di isi oleh Om Jay seorang blogger hebat yang sudah melahirkan banyak penulis dari Kelas Belajar Menulis Nusantara. Malam ini tak seperti biasanya karena pertemuannya melalui zoom meeting, hanya 24 peserta yang bisa hadir karena kesibukan masing-masing peserta dalam rangka mempersiapkan Upacara Bendera Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI yang Ke 78 besok pagi.

Mengawali pertemuan ini om Jay mengajukan pertanyaan apakah kita sudah menjadi manusia yang merdeka dihari kemerdekaan kita yang ke 78 Tahun Indonesia merdeka? Banyak peserta yang menjawab secara finansial belum merdeka.Ternyata  kita masih  banyak yang belum merdeka oleh karena itu perjuangan kita masih panjang selama hayat masih di kandung badan. Belum merdeka dalam bidang TIK karena Aplikasi yang kita gunakan buatan orang luar negeri belum ada buatan dalam negeri inilah yang membuat kita belum merdeka. 

Seharusnya kita sudah merdeka di hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 78 ini, karena hidup kita sudah lebih baik dari kakek nenek kita yang hidup di zaman penjajahan. Saat ini kita menuju manusia merdeka dengan cara menulis, menulis apa yang ada dipikiran kita, menulis apa yang kita sukai dan kita kuasai.Dengan mudah kita menulis di media sosial secara online, membuat buku dan dapat kita sebarkan.

Tetapi yang paling penting ketika kita memiliki merdeka menulis ada tanggung jawab, ada hal-hal yang harus diperhatikan agar tidak menyakiti hati orang lain, karena tulisan itu bisa sebagai silet.

Apakah ada tulisan yang auranya negatif, ada. disitulah kebebasan kita didalam media sosial oleh karena itu kita perlu CABE. 

CABE itu adalah singkatan dari (Cakap, Aman, Budaya,Etika digital)

Cakap digital, trampil menulis diera digital oleh karena itu kita memiliki blog pribadi agar kita dapat menulis karena kitalah adminnya sehingga kita merdeka menulis. kelolah blog dengan baik isi saja dengan tulisan setiap hari jangan biarkan blog bersarang laba-laba. 

contoh cakap digital bisa bikin presentase yang baik, kirim emil yang baik, membuka situs dan 

semakin cakap digital karena menulis di blog kalau blog sudah ada.

Aman digital,  membuat verifikasi dua faktor di WhatsApp untuk mengamankan WA masing-masing. banyak orang jahat digital . 

Budaya digital ,adalah aktifitas menggunakan digital. contoh belanja online semuanya serba cepat orang sudah Mager (malas bergerak)  

Etika digital adalah kemampuan untuk menggunakan digital dengan cara yang baik.

Caranya untuk sama-sama menulis dengan baik dan beretika, tidak menyebarkan berita bohong, isu kebencian hal inilah yang harus dipahami di dunia digital


Menulislah setiap hari, tulis apa yang kamu sukai dan kamu kuasai hingga mencapai sebuah mahkota seorang penulis yaitu  terbitnya sebuah buku.

Selamat Ulang Tahun Kemerdekaan RI yang ke 78 terus melaju untuk Indonesia Maju 

merdeka belajar dan merdeka mengajar.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini